Kamis, 18 Mei 2023

Program Semester


Semua guru pasti memiliki perangkat pembelajaran yang harus di persiapan sebelum melaksanakan proses pembelajaran diantaranya program semester. karena Program Semester merupakan suatu rencana kegiatan pembelajaran selama satu semester yang dituangkan ke dalam suatu distribusi alokasi waktu. Program Semester ini merupakan penjabaran lebih lanjut dari Program Tahunan yang berusaha merencanakan dengan pasti setiap Kompetensi Dasar (KD) kedalam alokasi jam pelajaran dalam setiap pertemuan perminggunya selama satu semester.

Dalam menyusun Promes ini diperlukan Kalender Pendidikan yang berlaku diwilayah dan tahun yang bersangkutan.Silabus, khususnya isian yang tercantum pada kolom alokasi waktu dari kelas tertentu selama satu tahun pelajaran dan Program Tahunan.
Adapun langkah-langkah yang perlu di perhatikan dalam menyusun program semester

A. Perhitungan Alokasi Waktu

  • Menghitung Jumlah Pekan dalam Semester (PDS) dengan menggunakan kalender pendidikan yang berlaku, lakukan perhitungan berapa jumlah pekan/minggu selama semester yang bersangkutan. Jumlah pecan/minggu tersebut dimasukkan ke dalam format
  • Menghitung jumlah Pekan Tidak Efektif (PTE) dengan menggunakan kalender Pendidikan yang ada dilakukan penentuan pecan/minggu yang tidak efektif untuk dilaksanakan proses pembelajaran. Tidak efektifnya pekan tersebut bisa disebabkan oleh susuatu hal yang secara formal ditetapkan sebagai pekan yang tidak efektif digunakan proses pembelajaran atau tatap muka dalam kelas. Hal tersebut bisa berupa Masa Orientasi Siswa (MOS), Libur Semester, Ujian Nasional, dsb yang membutuhkan waktu selama satu pekan. Hasil perhitungan jumlah pekan dan jenis kegiatan yang dikategorikan sebagai pekan tidak efektif tersebut kemudian dimasukkan kedalam format berikut:
  • Menghitung Jumlah Pekan Efektif (PE) Perhitungan jumlah pekan yang efektif ini dilakukan dengan cara mengurangkan jumlah pekan dalam semester PDS dengan jumlah pekan tidak efektif (PTE).
  • Menghitung Jumlah Jam Pelajaran Efektif (JPE) Untuk melakukan perhitungan Jumlah Jam Pelajaran Efektif ini, diperlukan langkah-langkah sebagai berikut:

B. Pendistribusian Alokasi Waktu dengan mendistribusikan semua KI/KD yang telah disusun dalam Prota kedalam format Distribusi Alokasi Waktu, serta menentukan jumlah kegiatan non tatap muka pembelajaran serta berapa jam pelajaran alokasi waktun, selama satu semester perlu 3 kali Tes/Ulangan Harian yang membutuhkan alokasi 1 jam pelajaran masing-masing dan menentukan jumlah jam pelajaran Cadangan, yaitu dengan cara menghitung selisih antara JPEB dengan seluruh alokasi KI/KD dan Kegiatan non-tatap muka, memasukkan hasil dari langkah-langkah tersebut ke dalam.

Adapun contoh program semester berikut ini 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar